Tuesday, November 6, 2012

Sabda Alam by Ismail Marzuki

"wanita dijajah pria sejak dulu"

Itu satu penggal lirik dari lagu "Sabda Alam" ciptaan Ismail Marzuki, yang ga tau kenapa hari ini rasanya begitu melekat di telingaku. Haha.

Tadi sore bapak muter lagu itu pake player yang biasanya dipake buat karaokean. Lagu semacem Djuwita malam dan Sabda alam, dengan tempo lagu yang masih kental dengan kekunoannya, diputer di rumah sepanjang sore. Rasanya, aura rumah jadi klasik banget. Jadi berasa tinggal waktu piringan hitam masih mainstream! Hehe.

Sebenernya lagu ini sering banget aku denger entah dimana, pokoknya sering. Tapi aku nggak pernah tau judul lagunya! Hahaha.. cuma hari ini aku nanya ke tuips, dan ada salah satu temen yang jawab, judulnya adalah Sabda Alam.

Lagu Sabda Alam versi White Shoes dan the Couples Company


Diciptakan alam pria dan wanita
dua makhluk dalam asuhan dewata
Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
adapun wanita lemah lembut manja

Wanita dijajah pria sejak dulu

dijadikan perhiasan sangkar madu
namun ada kala pria tak berdaya
tekuk lutut di kerling wanita 

Kalo sepemahamanku sih, lagunya cuma tentang bagaimana hakikat wanita dan pria itu. Kedudukan mereka. Takdir bahwa pria lebih tinggi derajatnya dari pada wanita. Yah, semua tau itu, biar jaman sekarang udah ada yang namanya emansipasi, tapi tetep aja, kaum adam adalah imam bagi wanita yang harus dibimbingnya. Ya ga sih? Ga salah kan? Hehe..

Engga pengen bercerita banyak, cuma pengen sharing tentang satu lagu yang flownya begitu enak buat didengerin. Yah, mungkin ga semua orang suka lagu model kayak gini, yang bisa dibilang sedikit jadul. Tapi sekali-sekali dengerin, itung-itung menghargai karya anak bangsa kan? Lagi pula lagunya juga ga berbahaya bagi kita. Cukup sederhana dan melodinya bikin adem! Hahaha..

Such a nice song!^o^

-Keep Shine Like HIKARI-

2 comments:

  1. Kalau aku mah lagi demam lagu Ebite G Ade kak :D kkekeke~

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya nongol juga dirimu..
      kemana aja kamu nak? hahaha

      Delete