Sunday, October 31, 2010

Hyaku Monogatari


Happy Halloween~~*baru inget*
Trick or Treat!! *perhatian : menerima uang, tidak menerima permen~~* =p
udah pada keliling ke rumah2 dan mintain permen? *kalo di tempatku bisa disangka orang sedeng~~hahaha*

Halloween jatuh tepat pada hari ini..dan hari ini, saya nggak akan posting soal sejarah atau mitos-mitos tentang halloween..selain udah banyak yang ngebahas..saya juga ndak tau! hahaha..

aku malah pengen bahas yang menyangkut hantu-hantu..tapi bukan hantu lokal, hantu interlokal ataupun hatu internasional *halah..malah kyak telpon..* tapi membahas sebuah permainan yang cukup menyeramkan di Jepang, dan sering dimainkan saat malam hari di musim panas! Namanya Hyaku monogatari atau 100 kisah tentang hantu..*sebenarnya sudah banyak di bahas..tapi, kalo mungkin ada yang belum tau juga..bisa dibaca disini!^-^*

Hyaku monogatari..
seperti yang udah dibilang di atas..permainan ini biasa dimainkan pada malam hari di musim panas! Mereka menyalakan 100 buah lilin, kemudian satu persatu menceritakan kisah hantu, dan setelah selesai satu cerita, mereka akan memadamkan 1 buah lilin, dan akan begitu seterusnya sampai ke 100 lilin tersebut padam. Dan ketika ruangan menjadi gelap, hantu-pun akan berdatangan!

huwaaa..kalo aku yang di ajakin main gituan, mau di kasih duit semilyar juga..saya ga mau!*paling terima duit,,trus malemnya kabur!!hahaha*

Nah..ngemeng2 soal kisah hantu..
di jepang punya banyak jenis hantu, seperti yang sering kita lihat dianime maupun film-film hantu yang populer di jepang!

ternyata, hantu di jepang itu ada dua jenis (setelah dilakukan penelitian pada tahun 1780) *hantu pake di teliti segala ya??hahaha*
Diantaranya adalah Obake dan Oni!

1. Obake
>> Arti harfiah dari kata obake (bakemono) adalah sesuatu yang sangat besar atau sesuatu yang bentuknya aneh.

















(Yuurei)


Istilah bakemono sering diterjemahkan dalam kamus sebagai hantu atau setan, namun istilah ini umumnya dipakai untuk makhluk hidup atau makhluk supranatural yang dapat melakukan transformasi untuk sementara. Oleh karena itu, bakemono berbeda dari arwah orang mati. Meskipun demikian, istilah obake juga sinonim dengan yurei atau hantu dari arwah orang yang telah meninggal dunia.

Bentuk sebenarnya bakemono dapat berupa hewan seperti kitsune (rubah), tanuki (rakun), mujina (musang), bakeneko atau kucing yang dapat mengubah bentuk, kodama atau arwah tumbuh-tumbuhan, atau benda mati yang dipercaya memiliki arwah dalam kepercayaan Shinto dan tradisi animisme lainnya. Obake yang berasal dari perabot rumah tangga disebut tsukumogami.




















Bakemono biasanya menyamar sebagai manusia atau muncul sebagai bentuk yang aneh atau menakutkan, seperti halnya seorang hitotsume-kozo, onyudo, atau makhluk berwajah datar tanpa mata, hidung, dan mulut (noppera-bo). Semua penampakan yang menakutkan umumnya dapat disebut bakemono atau obake, tanpa memandang apakah subjek tersebut dapat berubah menjadi bentuk lain atau tidak. Oleh karena itu, bakemono secara garis besar sering disamakan dengan yokai.

Untuk beberapa obake yang belom disebut :

=>>Zashiki Warashi
hantu dengan wujud anak kecil berumur 5-6 tahun memakai kimono dan berambut bob. Jenis obake ini dipercaya dapat membawa keberuntungan. Zashiki Warashi akan datang ke rumah seseorang, dan ia akan mebuat orang yang berada di rumah itu menjadi sangat beruntung!
Namun seperti hal-nya anak-anak, zashiki warashi sangat suka bermain dan mencari perhatian! Bahkan jika kelewatan, ia kadang bisa merusakkan barang!
Dia juga suka menampakkan diri dideppan anak kecil! Mungkin karena mereka sebaya, pengen maen bareng mungkin? hohoho..

=>> Otoire no Hanako
hantu yang sering nongol di kamar mandi sekolah! Ati-ati buat anak-anak sekolah, terutama buat anak-anak cewe yang suka ke toilet sendirian! Kalo waktu kamu lagi make toilet, dan denger di toilet sebelah tiba-tiba ada yang make toilet *padahal awalnya sepi dan ga ada pertanda seseorang masuk kesan* bisa jadi itu otoire no hanako lagi nemenin kamu~~ o.o
hohoho..tapi nggak usah takut..
menurut orang-orang, hanako ini tidak berbahaya..dia hhanya makhluk halus biasa yang suka menampakkan diri kalo orang yang ada ditoilet itu sedang dirundung ketakutan, tentang apa saja! Tapi seandainya kamu melihatnya dan langsung lari, dia nggak akan mengejarmu!
kisah tahayul ini dimulai pada sekitar tahun 1950..dimana saat itu sedang banyak isu ada hantu anak perempuan berambut bob dengan rok merah sering muncul di toilet sekolah SD! Dan banyak sekali cerita-cerita kenapa bisa sampai ada hanako di toilet SD. Mulai dari seorang anak kecil yang dibunuh ibunya yang gila di toilet sekolah saat sembunyi, sampai anak perempuan korban perang dunia II yang terkena bom saat ia sedang main petak umpet dan sembunyi di toilet sekolah! *kalo baca ceritanya, jadi kasihan~~*

=>> Tengu
















Makhluk legenda jepang, yaitu siluman yang tinggal di gunung. Ia sering mengganggu manusia, namun ia juga sering mendatangkan keberuntungan untuk penebang kayu, dan dia juga menjaga kuil budha!

=>>Yama uba




















sesosok nenek-nenek berambut putih panjang dan mulutnya lebar hingga ke telinga. hati-hati kalo naik gunung jangan sampai tersesat! Bisa-bisa kamu dimangsa oleh nenek yama uba!

=>> Yukki-onna




















yukki onna akan menampakkan diri sebagai wanita dimalam bersalju! Sering di sebut juga dengan wanita salju. DIa bisa berubah menjadi kabut atau salju ketika sedang terancam! Youkai yang satu ini sering dikaitkan dengan roh wanita yanng meninggal dalam badai salju, dan dibalik wajahnya yang cantik, kabarnya dia bukanlah hantu yang ramah! o.o

=>> Kappa




















Kappa adalah mahluk amfibi yang bisa tinggal di darat dan di perairan, tingginya biasanya sama dengan anak usia 4 atau 5 tahun, dengan paruh sebagai mulut lalu tangan dan kaki yang memiliki selaput seperti bebek. Punggung Kappa biasanya berbentuk seperti tempurung kura-kura, dan kepalanya biasanya memiliki semacam mangkuk yang berisi air. Selama mangkuk ini berisi air, maka kemampuan sihir kappa akan tetap ada. Jika air di piring itu kering, maka kappa akan mati. Kappa sangat mencintai mentimun dan pertunjukan sumo. Maka dikatakan, supaya bisa lari dari Kappa, maka orang harus membuang mentimun, sehingga Kappa tadi akan teralihkan perhatiannya, atau menipu kappa supaya menunduk dan air dikepalanya tumpah. Kappa terkenal akan kemampuannya untuk menarik orang kedalam air dan menarik nyawa mereka melalui lubang anus.
namun ada juga beberapa orang yang percaya bahwa kappa adalah dewa air!

=>> Rokurokubi

terkenal sebagai sesosok wanita dengan leher yang sangat panjang! Waa..kalo pernah baca buku anak-anak jepang, pasti udah sering liat dalam versi lucunya *keliatan dulu suka pinjem bukunya temen..hahaha*. Di siang hari, mereka akan tampak seperti manusia biasa, namun dimalah hari, mereka akan mendapatkan kekuatan untuk memanjangkan lehernya! Bahkan mereka juga sering mengubah wajah menjadi seram untuk menakuti orang-orang. ih wow~~
menurut beberapa cerita, rokurokubi bukanlah hantu. Ia adalah manusia normal, namun terkena karma karena ia melanggar beberapa ajaran budha! Rokurokubi juga tidak hanya dikenal suka menakuti, tapi juga suka makan manusia dan minum darahnya! Mangsa yang ia sukai biasanya adalah orang budha yang taat, atau seorang laki-laki! *mungkin dia naksir..tapi kok dimakan? o.o*

2. Oni




















Bukan kakak laki-laki..tapi ini setan!
Oni bisa diartikan sebagai setan. Mahluk yang satu ini berbadan raksasa, bertanduk dan biasanya digambarkan membawa gada besi besar (kanabou). Mereka biasanya digambarkan sebagai para penjaga neraka ala Buddhis Jepang. Secara fisik, mereka raksasa, tapi biasa digambarkan sebagai mahluk bodoh, jahat dan bersifat jelek.
Oni dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang kadang bisa baik, namun kadang juga jahat! Kadang-kadang ia datang membawa keburukan, namun kadang juga membawa keberuntungan! Tapi apapun yang dibawanya saat datang, oni merupakan makhluk yang dihindari manusia!

wuaah..gimana?serem?
untuk beberapa jenis kayak kappa, oni, tsukumogami..mungkin engga ya? tapi mungkin merinding juga kalo lagi asik bertapa, ditemenin dek Hanako yang nyanyi.. o.oa
dan maaf untuk beberapa jenis obake gambarnya ngga di tampilkan..soalnya pada saat googling, GUE DIPELOTOTIN GAMBAR SETANNYA!! T_T hu..hu..hu..

-Keep Shine Like HIKARI!!-

No comments:

Post a Comment