Saturday, October 23, 2010

ITADAKIMASU *PART 2*!! [Wagashi Last Part]

Hohohoho..
gimana dengan snack di postingan Wagashi yang kemaren?Udah ada yang nyoba?*pengen dango ama mochi-nya~~*
sekarang mau di terusin lagi nih..

Here we Go!! WAGASHI THE LAST PART!!

8. Higashi

















Bukan nama daerah, tapi ini adalah salah satu jenis wagashi yang kering dan memiliki sangat sedikit kelembaban! Jadi bener-bener kering! Dan makanan ini yang paling tahan lama dibandingkan dengan jenis wagashi yang lainnya.
Makanan ini biasa di buat dengan lebih dari satu jenis gula, tepung, dan beberapa bahan tambahan lain. Atau bisa juga di buat benar-benar hanya dari gula!
Tepung yang biasa digunakan, terbuat dari beras. Tapi kadang mereka juga menggunakan tepung yang berasal dari azuki, kedelai, kacang hijau, dan pati untuk membuat Higashi!

Kalo diliat..makanan kayak gini di tempat kita juga ada..kue rasa manis yang di emut-lumer di mulut itu~~ lupa namanya tapi..

9. Hoshigaki



















merupakan salah satu jenis wagashi yang di buat dari buah kesemek yang dikeringkan.
Maaf..untuk yang ini belom bisa menyajikan keterangan yang lengkap..hehe..
tapi kira-kira, kayak apa ya rasanya? o.oa

10. Kakigori

















Ini nih..minuman yang sering bikin saya ngiler kalo chibi maruko-chan beli ini di warung kelontong pas liburan musim panas!!
Kalo di kartunnya tuh, sering di bilang es serut! Karena bikinnya emang dari es yang di serut, terus di kasih toping dengan sirup! Ada beberapa rasa sirup yang sering dipakai untuk topingnya! Strawberry, cherry, lemon, green tea, anggur, melon, blue-hawaiian plum, dan sirup lain yang berwarna!
selain yang cuma kayak di gambar itu, ada variasi lain yang dipake ternyata! Bisa di tambahin es krim, atau toping lain seperti susu, kacang merah atau agar-agar, sesuai selera! ^-^

(alat pembuat kakigori)

11. Kompeito



















permen tradisional jepang yang berbentuk bintang dan berwarna-warni, dan rasanya juga manis. Diameter dari satu butir permen adalah 5-10cm! *pake di ukur?* o.o . Dan nama kompeito ini sediri diambil dari bahasa portugis "Confeito" yang berarti gula-gula atau permen! Dan makanan ini emang berasal dari portugis yang diperkenalkan ke jepang pada tahun 1550! Dan karena pembuatan kompeito memerlukan gula yang banyak, maka pada masa itu, kompeito termasuk kedalam makanan mewah! waah..padahal cuma permen!

cara membuatnya adalah dengan mencairkan gula dan air sehingga menjadi sirup manis. Kemudian kedalam dora (panci yang berputar) dimasukkan zarame (gula kasar) yang menjadi inti permennya. Lalu, selama panci tersebut berputar, gula yang terlah dicairkan menjadi sirup tersebut, berubah menjadi kristal yang melapisi inti permen dan membentu tonjolan-tonjolan sebagai bentuk khas dari kompeito!^-^

12. Matsunoyuki



















Matsunoyuki adalah salah satu jenis mochi yang dibentuk menyerupai pohon pinus. Makanan ini dibuat, dimaksudkan untuk menunjukkan pohon pinus di musim salju yang di ujung pohonnya tertutup oleh salju yang putih!

13. Oshiruko

















Sup kacang merah manis, dengan kacang merah yang di rebus, kemudian dihancurkan. Sup ini disajikan dengan mangkuk dan ditambahkan dengan mochi! Selain mochi, tambahan lainnya bisa menggunakan chestnut atau kue dari tepung beras ketan!

Sup ini sebenarnya ada dua macam! Kacang merahnya di hancurkan menjadi pasta, kemudian di buat sup, atau sup yang kacang merahnya dalam bentuk aslinya! Atau malah di hancurkan kasar saja, kemudian di campur! mungkin rasanya mirip-mirip bubur kacang ijo..cuma beda bahan yaa..hoho ^0^

14. Taiyaki



















Kue yang jenisnya sama dengan imagawayaki dan Bungeoppang (korea), dan cara pembuatan dan bahannya juga sama persis! Namun ada sejarah tersendiri kenapa imagawayaki yang berbentuk ikan mas ini lebih dikenal dengan sebutan Taiyaki!

Dahulu, kue imagawayaki di cetak dengan berbagai bentuk, dan salah satunya adalah bentuk ikan Tai. Di Jepang, ikan Tai itu adalah ikan yang mahal yang di makan oleh rakyat pada saat yang istimewa saja! Kemudian, penjual imagawayaki mempunyai inisiatif untuk membuat kue yang berbentuk ikan Tai, agar rakyat yang jarang makan ikan Tai menjadi senang! Selain itu, ikan Tai juga terkenal sebagai ikan pembawa keberuntungan, makanya sampai sekarang kue imagawayaki berbentuk ikan ini lebih terkenal dengan sebutan Taiyaki. ^-^

(pembuatan Taiyaki)


Nah..untuk Wagashi, akhirnya selesai juga di Itadakimasu Part 2~~ hohoho..
sebenernya masih banyak lagi japanese snack yang bisa di review! Tapi lain kali ya! hohoho..

-Keep Shine Like HIKARI!!- ^-^

1 comment: