Sunday, December 19, 2010

Kamen Rider ,Tokusatsu yang Tak Pernah Mati.. [PART 1]

Henshin!!!
hahaha..kalo denger ini mah, udah jelas apa yang saya maksud!
yap, apa lagi kalo bukan KAMEN RIDER! alias ksatria bertopeng atau yang terkenal di indonesia adalah Ksatria Baja! hohoho..
Udah dari tahun 1971, serial kamen rider mulai dari jaman kamen rider dengan tokoh utama Takeshi Hongo, sampe yang paling anyar Kamen Rider Double yang tayang dari 2009-taun 2010.

udah lama sih ga ngikutin kamen rider, sejak Kuuga udah tamat dan ganti agito di indosiar dulu. Dan setelah itu jadi jarang nonton.trus serial kamen rider udah ga ada lagi. eh, sekarang yang nongol di indosiar kamen rider bule~ dan menurut gue ga begitu seru..
tapi..akhirnya trans 7 nongol dengan Den-o! hahahaha *ADA TAKERU!!!* xD

nah, karena saya lagi kena kamen rider addict, ga ada salahnya kali ini kita bahas sedikit dari masing-masing serial kamen rider yang banyak banget ini! ^-^

1. Kamen Rider


Atau sering di sebut kamen rider 1, karena serial ini merupakan serial perdana atau awal dari kamen rider-kamen rider yang muncul selanjutnya.
Kamen rider ini bercerita tentang Hongo Takeshi (Hiroshi Fujioka) adalah seorang mahasiswa biasa yang mempelajari biokimia di universitas Jonan dan seorang pembalap motor amatir. Namun sekolompok organisasi yang ingin menguasai dunia "Shocker" menculiknya untuk dijadikan cyborg/mutan dan membantu mereka dalam berbuat jahat. Namun sebelum mereka berhasil mencuci otak Hongo, ada sedikit kekacauan yang membuat para shocker panik sehingga Hongo dapat melarikan diri. Hongo menyadari bahwa ia bukan lagi manusia, melainkan cyborg berwujud serangga. Dengan kekuatan cyborg barunya itu ia bertarung melawan shocker.
Tapi selain Hongo, tenyata ada satu kamen rider lagi di serial ini. Namanya Ichimonji Hayato sebagai kamen rider Nigo (sedangkan Hongo adalah kamen rider ichigo) yang diperankan oleh Takeshi Sasaki.


2. Kamen Rider V3


Serial Kamen Rider kedua yang dibuat pada tahun 1973.
Serial ini dimulai pada suatu malam, Kazami Shirou (Hiroshi Miyauchi) menyaksikan pembunuhan oleh organisasi kejahatan Destron, dan hal itu membuat dirinya menjadi sasaran pembunuhan selanjutnya. Dalam usaha pertama Destron, mereka menanam bomb pebble ke dalam kopi Shirou, namun usaha tersebut gagal ketika adik Shirou, Yukiko, terkejut dan menyebabkan ia menumpahkan kopinya. Dalam upaya kedua, mereka menyerang Shirou ketika latihan balap sepeda motor dengan Tobei Tachibana. Dan dalam usaha ketiga, seorang tentara Destron, menyamar sebagai seorang dokter, mencoba untuk menyuntikkan racun pada Shirou, ketika ia diangkut ke rumah sakit (setelah upaya kedua Destron), tetapi Shirou kembali sadar dan membunuh tentara Destron tersebut. Sementara itu, seorang wanita muda bernama Junko Tama tersandung di pangkalan Destron. Tiba-tiba, ia diserang oleh Destron. Ketika mencoba melarikan diri, ia berlari ke arah Shirou, yang sedang menuju rumah dengan sepeda motornya, tapi Shirou tidak melihat tentara Destron. Karena terkejut, Junko pingsan dan Shirou membawanya pulang. Sementara Junko sedang dirawat oleh keluarga Shirou, Shiro melapor ke polisi. Ketika ia kembali ke rumah, ia menemukan keluarganya dibunuh oleh Jaguar Hasami, sebuah rakasa jaguar dengan pisau di tangan. Jaguar Hasami juga berniat untuk membunuh Junko dan Shirou, namun dihentikan oleh guru SMA Shirou, Takeshi Hongo, yang berubah menjadi Kamen Rider 1. Tak lama setelah ia pergi, Kamen Rider 2 muncul, tapi ia terlambat. Shiro ingin membalaskan dendamnya, dan ia meminta pada para rider untuk mengubahnya menjadi cyborg, tetapi para rider menolak dan menjelaskan kepada Shirou apa yang akan terjadi jika ia bisa berubah menjadi cyborg, ia tidak akan bisa hidup bersama keluarganya. Lalu para rider meminta Junko untuk memberitahu lokasi pangkalan Destron. Keesokan harinya, para rider menyusup ke pangkalan, tapi mereka malah terjebak dalam perangkap. Namun Shirou muncul dan menyelamatkan nyawa mereka, tetapi ia terluka dalam proses penyelamatan mereka. Para rider tidak punya pilihan selain untuk mengubah Shirou menjadi sebuah cyborg. Ketika para rider diserang, dan hampir dibunuh, oleh Kame Bazooka, Shirou muncul sebagai Kamen Rider V3. Sekarang, Shirou menggunakan kekuatan barunya untuk melindungi manusia terhadap Destron.

yah..panjang ya?hahaha..yang jelas, V3 masih merupakan sequel dari kamen rider 1..karena masih ada kamen rider ichigo dan nigo! ^-^

3. Kamen Rider X




Kamen rider ini adalah serial ketiga dan tayang pada tahun 1974.
Ceritanya dimulai dari Ilmuwan robotika Keitaro Jin (Tazaki Juni) dan anaknya Keisuke (Ryo Hayami) terjebak dalam kampanye teror oleh organisasi kejahatan yang dikenal sebagai "G.O.D". Mereka menyerang dan teknologi profesor dicuri, tapi sebelum Keitaro mati, ia mampu melakukan operasi terhadap anaknya. Dengan teknologi robotika terakhir, ia mengubah anaknya menjadi "Kamen Rider X" untuk membalas kematian ayahnya dan memastikan keselamatan seluruh dunia, ia bertempur melawan monster-monster pasukan G.O.D.
kostum cyborgnya yang ga gitu menarik menurutku. Cuma kayak baju polisi pake jacket anti peluru+helm sekaligus topeng.hohoho..=p

4. Kamen Rider Amazon



Serial kamen rider keempat ini tayang taun 1974-1975, dan menurutku kostumnya yang paling unik. Karena bentuk helm, dan corak kostumnya sangat berbeda dari kamen rider lain yang biasanya memakai helm dengan bentuk bulat, dan baju yang polos. Kendaraannya juga punya bentuk yang bisa di bilang SANGAR lah..hhha
dan proses berubahnya menjadi cyborg juga beda. Istilahnya, tanpa teknologi. Berikut ini sinopsisnya..

Sebuah pesawat jatuh di hutan hujan Amazon , meninggalkan Yamamoto Daisuke (Toru Yamamoto) kecil yang terdampar tanpa orang tuanya. Ia lalu diadopsi oleh suku Inca dan menjadi anak liar, hidup dari tanah.  Namun, kehidupan Daisuke yang bahagia akhirnya hancur ketika Gorgos, setan berwajah sepuluh, melakukan pembantaian di desanya, membantai semua orang kecuali dirinya dalam pencarian "GiGi Armlet", yang memberikan kekuatan fantastis pada pemegangnya. Elder Bago, orang Inca terakhir , memberikan GiGi Armlet pada Daisuke untuk disimpan, sementara ia menggunakan pengetahuannya tentang ilmu Inca dan sihir untuk melakukan "operasi" mistis pada Daisuke, untuk mentransformasikan Daisuke menjadi "Kamen Rider Amazon" sebelum ia meninggal. Sesampainya di Jepang, Daisuke bertempur Geddon tanpa mengetahui alasannya mereka. Kemudian ia berteman dengan keponakan dari Profesor Kousaka, Daisuke mempelajari tentang GiGi Armlet dan mengalahkan Geddon dan Kekaisaran Garanda.

5.  Kamen Rider Stronger

  
tayang tahun 1975, dan merupakan serial kamen rider tertua nomor 5..hha =p
langsung aja simak crita singkatnya! ^-^


Shigeru Jō (Shigeru Araki) bergabung dengan organisasi jahat Black Satan setelah kematian seorang teman dekat, salah satu yang dianggapnya sebagai mentornya. Ia dijanjikan dengan kekuatan, dan didorong oleh keinginan untuk balas dendam, Shigeru menjalani operasi untuk menjadi salah satu prajurit super Black Satan.  Namun, Shigeru tahu bahwa Black Satan sebenarnya adalah pembunuh temannya, ia menggunakan Black Satan untuk mendapatkan kekuatan baru. Setelah mendapatkan kekuatan, Shigeru meloloskan diri dari markas Black Satan sebelum mereka bisa mencuci otaknya untuk menjadi pasukan mereka, dan Shigeru pun berubah menjadi Kamen Rider Stronger . Sementara ia melarikan diri dari Black Satan, ia bertemu Yuriko Misaki yang merupakan prajurit cyborg lain yang diciptakan oleh Black Satan yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Electro-Wave Human Tackle . Bersama-sama mereka melawan Black Satan dan Delza Army untuk memulihkan perdamaian di Jepang.

6. Kamen Rider (Skyrider)


Tayang dijepang tahun 1979-1980. Merupakan produksi final kamen rider pada tahun 1970-an.
Serial ini muncul lagi setelah 4 tahun produksi serial kamen rider dihentikan.
Ceritanya dimulai dari Dokter Keitaro Shido, seorang ilmuwan terkenal, telah diculik oleh organisasi teroris Neo-Shocker untuk mengeksploitasi keahliannya dalam teknologi robotika. Putus asa untuk melarikan diri, ia meyakinkan Neo-Shocker untuk memerintahkannya untuk beroperasi. Menjelaskan bahwa ia bisa mengubah Hiroshi Tsukuba (Hiroaki Murakami) menjadi prajurit Neo-Shocker kuat, mereka membiarkan Dokter Shido untuk beroperasi. Namun, ia dengan cepat mengubah tabel mereka, dan tidak mengubah Hiroshi menjadi Kaijin yang jahat , tetapi ke dalam prajurit yang kuat Skyrider , dan menggunakan kemampuannya untuk memerangi ancaman Neo-Shocker.

7. Kamen Rider Super-1


Produksi pertama kamen rider di tahun 80-an. Kamen rider ini ditayangka pada tahun 1980-1981. Dan berikut ini cerita singkatnya..

Oki Kazuya (Shunsuke Takasugi) sukarelawan untuk menjalani operasi cybernetic dalam  International Space Development Program di Amerika Serikat dalam rangka menjadi seorang astronot yang dapat bertahan hidup di luar angkasa tanpa memerlukan kostum. Setelah operasi sukses, ia diberi nama kode "Super-1". Sebelum dia berangkat, pangkalan di mana ia dioperasi itu diserang oleh Kerajaan Dogma . Hanya Kazuya yang mampu melarikan diri dan bertekad untuk membalas kematian para ilmuwan, ia kembali ke Jepang dan dilatih oleh ahli seni bela diri , Master Genkai.  Dengan pengetahuan ini, ia mampu berubah menjadi Kamen Rider Super-1 untuk memerangi the Dogma Kingdom dan Jin Dogma.

8. Kamen Rider Black


nah..INI DIA!! hahaha..
kamen rider ini yang pertama gue kenal!tiap hari gue nonton ini. Kalo ga salah dulu tayang di RCTI ya?hohoho..
dan jaman kecil, gue pernah foto sama ini tokusatsu di swalayan deket rumah*tapi skarang udah bangkrut* hehehe..
Tayang di Jepang tahun 1987-1988, dengan jarak yang cukup lama dari serial kamen rider yang sebelumnya. sekitar 6 tahun!

Setelah diculik oleh pemuja Gorgom pada malam ulang tahun mereka yang ke-19, saudara tirinya Kotaro Minami (Tetsuo Kurata) dan Nobuhiko Akizuki (Takahito Horiuchi) diserahkan untuk operasi cyborg dengan tujuan menjadi calon Penciptaan Raja Gorgom berikutnya. Keduanya disebut Century Kings dan ditakdirkan untuk menjadi yang terbaik, mereka akan ditarungkan dan siapapun yang menang akan menjadi the next creation king. Tapi Kotaro melarikan diri sebelum ia dicuci otak (yang merupakan langkah terakhir dalam operasi), dengan bantuan dari ayah angkatnya, dan berbalik melawan Gorgom. Namun, ia malah menemukan kebenaran mengerikan dari ayah tirinya. Gorgom awalnya membunuh orang tua aslinya, karena Kotaro dan Nobuhiko lahir pada hari gerhana matahari, disebut sebagai "Black Sun" dan "Shadow Moon". Kotaro, mengambil nama Kamen Rider Black , dan bertekad untuk menyelamatkan saudara tirinya dari Gorgom sekaligus melindungi Jepang. Namun, kemudian di dalam  serial, Nobuhiko muncul sebagai Shadow Moon untuk melawan Kotaro.

9. Kamen Rider Black RX


yang ini adalah yang gue kenal untuk yang kedua!hahaha..dan juga pernah tayang di RCTI jaman gue kecil, jadi gue lupa ceritanya! cuma inget ada serangga berdiri yang naek motor di padang pasir!hohoho..
dan serial ini tayang di Jepang tahun 1988-1989. Di bawah ini cerita singkatnya~ ^-^

Sudah lima tahun sejak Gorgom dikalahkan. Kotaro Minami telah mendapat pekerjaan sebagai pilot helikopter dalam bisnis yang dimiliki oleh keluarga Sahara. Kotaro kemudian ditangkap oleh Kekaisaran Krisis dan menawarkan tempat dalam kelompok mereka. Ketika Kotaro menolak, King Stone-nya dihancurkan dan ia dilemparkan ke ruang di mana radiasi matahari membuat King Stone-nya bermutasi dan ia bermutasi menjadi Kamen Rider Black RX. Dengan kekuatan baru, ia bertempur melawan Kekaisaran Krisis dan thwarts yang berrencana untuk mengambil alih bumi.

=====

itu baru part 1..9 kamen rider yang diproduksi sebelum tahun 90-an..
dan di tahun 1990, produksi kamen rider terhenti sampe tahun 2001, dengan dimulainya kembali munculnya kamen rider, yaitu kamen rider Kuuga.
Tapi, nanti bakal dibahas di postingan selanjutnya..hahaha karena gue cape nih udah 9 macem, mo ngerjain tugas dulu..oke!
jangan sampe ketinggalan edisi berikutnya!!*halah* =p
Berlari berlari dan menerjang
Ksatria Baja hitam
Pecahkan semua teka teki
Yang penuh di dunia hitam!!!
-Keep Shine Like HIKARI!!- ^-^v

4 comments: